Sunday, February 15, 2015

Jenis Kertas Untuk Percetakan

HVS 
Bahan kertas HVS  agak kasar, umumnya digunakan untuk kertas  fotocopy / Printer Deskjet. Kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku (contoh : kertas paperone,Gold,dsb) dengan gramasi  70gr ,80gr , 100gr.

Art/Matt Paper 

Bahan kertas untuk brosur dengan  permukaan yang licin (art)  atau semi doff (matt). Selain licin, produk cetak  yang dihasilkan juga berkualitas bagus karena raster kertas halus. Gramasi yang umum digunakan  100g, 120gr, 150gr.

 
Art Karton
Bahan kertas ini sama seperti art paper, tetapi  gramasi  lebih tebal. Banyak digunakan untuk produk cetak, seperti : kartu nama, katalog, co profile,brosur, dan produk cetak lain yang membutuhkan kertas agak tebal. Umumnya setelah di cetak  bahan ini dilaminasi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan.Gramasi yang umum digunakan 190g, 210gr , 230gr , 260gr , 310gr , 360gr.

 

Duplex (Coated)
Bahan duplex mudah  dibedakan dari  bahan lain, yakni  sisi depan berwarna putih dan  sisi belakang abu-abu.
Jadi,  yang dicetak hanya satu  sisi.  Bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box karena harganya yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Gramasi yang umum digunakan 250gr , 270gr , 310gr, 350gr, 400gr.  


CWb/Duplex Putih
Bahan sama seperti duplex,  hanya  bagian dalam berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Banyak digunakan untuk box makanan. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.
 

Ivory
Bahan ivory ini hampir sama seperti art karton. Kedua  sisinya putih, tetapi tidak seputih art karton. Yang membedakan,  art karton kedua  sisinya licin sementara  ivory hanya  satu  sisi yang licin. Hampir sama dengan  cwb,  hanya cwb lebih halus. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr,250gr,270gr, 300gr,350gr.


Samson Kraft
Berwarna coklat muda, merupakan  bahan hasil  daur ulang,  dan permukaannya kasar.
Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena memberi kesan klasik, bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan paperbag dan  handtag (khususnya untuk distro jeans). Karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (karton).
 

Bw/BC/Linen Jepang/ ConcordKertas ini bertekstur, biasanya digunakan untuk kop surat / sertifikat. Terdapat dalam  berbagai warna. Gramasi yang tersedia umumnya hanya 1 macam, misalnya 220gr-250gr.

Jasmine
Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan. kertasnya agak gliter-gliter.  tersedia berbagai pilihan warna. Gramasinya umumnya cuma 2 ukuran tipis dan tebal.
 

Corugated (Gelombang)
Sesuai namanya, corugated merupakan karton yang bagian dalamnya bergelombang antara lain digunakan sebagai  box mi instan.  Jika dicetak, box ini umumnya ditempel lagi dengan menggunakan  dupl. ex, kraft atau hvs. Jadi  jika hendak dicetak fullcolor, pencetakan dilakukan pada bahan lain kemudian  ditempel. Ketebalan  bahan ini dikategorikan menjadi B flute (gelombang besar ) dan  E flute (gelombang kecil).


Sumber : http://www.duniaberbicara.com